Pulau Bunaken : Panduan Lengkap Wisata Bulan Madu


Anda dan pasangan mempunyal hobby menyelam? Sekarang, Anda bisa masukkan Bunaken di daftar tempat yang harus Anda kunj├║ngi untuk acara honeymoon Anda. Hanya dengan snorkeling (terapung) di atas laut saja, Anda seakan berada dikedalamannya karena Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan taman laut berkelas dunia tersebut. Terumbu karang yang menjadi habitat bagi ikan hias bisa Anda nikmati hanya dengan melihat dan atas saja. Rasakan sensasinya, Anda seperti terhipnotis menikmati kehidupan bawah laut Bunaken.

Anda tak perlu repot-repot membawa alat menyelam sendiri, karena di sini disewakan alat-alat dengan harga berkisar Rpl00.000 per hari. Tidak hanya melihat barisan ikan bermacam rupa berseliweran, Anda juga bisa melihat kurang lebih 390 spesies terumbu karang yang memancarkan pesona menakjubkan.

Terletak di Teluk Manado, Utara Pulau Sulawesi, pulau ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan speedboat atau kapal sewaan dan pelabuhan Kota Manado. Kepulauan ini terdiri atas beberapa pulau yakni; Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pulau Nain Kecil dan Pulau Nain. Di sini juga memiliki 20 titik penyelaman/dive spot dengan kedalaman hingga 1.344 meter. Ya, tentu saja titik penyelaman yang kerap dikunjungi berada si sekitar Pulau Bunaken. Musim kunjungan terbaik antara bulan Mei s/d Agustus setiap tahunnya, karena pada bulan-bulan tersebut cuaca di sini sangat cerah jadi keindahan laut semakin terpancar indah.


TRANSPORTASI

Taman Nasional Bunaken ( Bunaken National Park ) dapat dicapai melalui 3 tempat, yaitu: melalui Pelabuhan Manado, melalui Marina Blue Banter dan melalui Marina Nusantara Diving Centre (NDC) yang terletak di Kecamatan Molas. Transportasi ke pulau tersebut biasanya ditempuh dengan menggunakan perahu motor.

Perjalanan dari Pelabuhan Manado menuju Bunaken Island akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit, selain speedboat Anda juga bisa menyewa kapal wisata seharga kurang lebih Rp  750.000, kapal ini berkapasitas 15 orang (kalau kebetulan sedang ada rombongan, mungkin bisa Anda ajak join), dilengkapi dengan pelampung, tempat duduk, dan dua kaca berbentuk aquarium untuk melihat terumbu karang yang indah dan ikan hias seribu warna dan atas kapal.

Jika Anda berangkat dan Marina Blue Banter, Anda dan pasangan dapat menggunakan kapal pesiar yang tersedia menuju daerah wisata di pulau Bunaken dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit. Jika Anda mempunyai dana lebih, kenapa tidak Anda coba?

Sedangkan jika Anda memilih alternatif terakhir, yaitu menyebrang dari pelabuhan Nusantara Diving Centre menuju lokasi penyelaman di pulau Bunaken, maka Anda akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit jika ditempuh dengan menggunakan speedboat.



Tembok Lekuan (I, II, III)


Merupakan tembok panjang di Bunaken yang dibagi menjadi tiga, yaitu: Lekuan I, Il, dan III. Ketiganya memiliki taman laut terbaik dengan dinding curam dan celah yang dalam, serta kipas angin laut dan spons raksasa yang sangat cantik. Tempat yang dangkal dipenuhi dengan ikan, sedangkan pada dinding-dindingnya dipenuhi banyak lembah dan retakan. Di sini, Anda bisa menikmati rombongan ikan kakak tua besar dan penyu, selain itu, Anda juga berpeluang untuk melihat ikan banner, ikan betok, ikan kupu-kupu piramida, ular laut, ikan kaisar besar, kerapu, ikan lionfish, kalajengking, napoleon, dan kadang-kadang hiu terumbu.

Mandolin
Mandolin adalah taman laut yang memiliki puncak karang dan dinding yang dihuni ribuan ikan seperti gerombolan ikan penembak, surgeonfish, unicornfish, dan bannerfish. Mereka terbiasa berenang dan sangat mudah didekati, jadi Anda bisa melihatnya dalam jarak dekat.




Bunaken Timor
Memiliki arus yang kuat, dan tentu saja, terdapat banyak ikan. Terumbunya mungkin tidak se-spektakuler di tempat lain, tetapi disinilah Anda dapat melihat penyu, hiu, pari elang, dan ikan besar berenang kian kemari. Disini juga terdapat banyak rumput laut yang berjuntai dan gua-gua kecil yang sangat cantik.




Tanjungkopi
Tanjung kopi adalah tembok kecil yang di huni oleh segerombolan ikan barakuda dan banyak ikan sweetlip. Jarak pandang di air dangkal tidak terlalu baik tetapi jumlah ikan membuatnya menarik untuk Anda amati. Ikan nudi branch dan ikan api gobi akan dengan mudah terlihat di sini.





Siladen
Siladen memiliki dinding karang halus yang indah dan akan hidup ketika arus datang.





Muka Gereja
Muka gereja adalah tempat yang indah dengan ribuan ikan di perairan dangkal dan palung yang menuju ke dinding laut.






Puncak Barakuda
Puncak Barakuda di barat laut adalah salah satu tempat terjauh. Segerombolan barakuda raksasa di antara ikan jack dan tuna. Selain penggemar diving, pencinta burung dan pengamat burung bisa mengunjungi cagar alam Tangkoko Dua Sudara Nature.









AKOMODASI HOTEL DI BUNAKEN

Quality Hotel
JI. Kapt. Piere Tendean ouIevard No. 88-89, Manado
TeIp: 0431— 888 3888. Fax: 0431— 8881111

New Queen Hotel
JI. Wakeke 12-14, Manado
Telp: 0431— 855551. Fax: 0431—853049

Tasik Ria Resort
JL. Raya Trans Sulawesi, Tasik Ria, Manado
TeIp: 0431—82445. Fax: 0431—823444

Hotel Santika
JI. Tongkaina Molas, Manado
TeIp: 0431—858222

Bunaken Cha Cha Nature Resort
Pulau Bunaken, Manado
TeIp: 0813-569-30370
Rate mulai US$ 165

Bunaken Sea Garden Resort & Diving
Pangalisang Beach, Pulau Bunaken, Manado
Telp: 0812.4473.8802
Rate mulai 20 Euro



OLEH-OLEH KHAS

Berbagai souvenir yang berkaitan dengan laut, seperti; aneka kerang, koral, hiasan pintu, pigura, dan hiasan lain tersedia di sini, dan di pusat Kota Manado, Anda dan pasangan dapat berbelanja aneka makanan, kaos, kain, kerajinan tangan, dan hiasan-hiasan kecil yang unik dan indah.