Kelimutu : Tempat Wisata berbiaya Murah untuk Berbulan Madu


Danau dengan pemandangan luar biasa ini terletak di Gunung Kelimutu, Ende, Flores.  Salah satu ciri khas yang membuat Kelimutu terkenal adalah karena Kelimutu memiliki tiga danau dengan warna yang berbeda-beda, yaitu merah, biru dan putih. Warnanya sendiri berubah dari waktu ke waktu karena aktivitas vulkanik sejak jutaan tahun lalu dan akibat endapan mineral yang terdapat di dasar danau.

Namun, bagi masyarakat setempat, perubahan warna air kawah Danau Kelimutu juga diibaratkan sebagai radar, pertanda awal akan terjadinya peristiwa negeri ini. Mereka meyakini, gempa bumi yang terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat, dan Sumatera Barat, bahkan merebaknya skandal Bank Century pun, didahului oleh berubahnya warna air kawah. Hmm, tentunya Anda tak akan melewatkan tempat indah berdaya magis ini untuk acara honeymoon, kan?

Kelimutu berada dekat dengan Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, berjarak sekitar 66 km dari perbatasan Ende dan 83 kilometer dari Maumere. Pintu masuk ke Danau Kelimutu adalah Moni, merupakan desa terdekat dengan Gunung Kelimutu, jarak antara Moni dan Kelimutu kurang lebih 15km.

Jangan lupa masukkan Kelimutu dalam daftar tempat yang harus Anda kunjungi untuk acara honeymoon, waktu kunjungan terbaik ke Kelimutu Lake adalah pada bulan Juli sampai September, karena pada bulan-bulan itu, puncak kawah terlihat sangat cerah pada pagi hari.


TRANSPORTASI

Anda bisa mencapai Gunung Kelimutu melalui Denpasar ataupun Kupang. Dari kedua tempat tersebut lah terdapat pesawat yang menuju tempat ini setiap hari. Jika Anda dan pasangan berangkat dari Denpasar, Anda tinggal naik pesawat menuju Maumere, setelah sampai di Maumere, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju Moni, berbagai pilihan transportasi darat tersedia di sini, Anda dapat naik taksi motor, mobil, atau angkutan umum untuk sampai ke tempat parkir di daerah Moni tersebut.

Sedangkan jika Anda berangkat dari Kupang, terdapat penerbangan harian menuju Ende. Dari Ende, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi motor, mobil, ataupun bus. Terdapat rute bus Ende-Maumere yang akan melewati Moni. Ya, di Moni lah Anda harus turun di Pos sebelum pendakian ke puncak Kelimutu.



  • Anda bisa nikmati pemandangan hutan dengan flora endemik yang jarang ditemukan di bagian lain Flores. Selain pohon pinus, ada juga kayu merah, dan edelweiss. Hutan pinus tumbuh subur di ketinggian Gunung Kelimutu.
  • Blue Stone Beach; Situs Rumah Bekas Pembuangan Bung Karno
  • Anda juga bisa belanja lain di Pasar Ikat.


Buat Anda dan pasangan yang suka petualang, Anda dapat menjajal saran saya, yaitu menyusuri Gunung Kelimutu dengan tracking!! Ya, menikmati pesona wisata di Taman Nasional Kelimutu ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara menarik adalah dengan lintas alam/tracking, dengan cara berjalan kaki menembus kerimbunan hutan di Kelimutu.

Perjalanan tracking Anda dan pasangan dapat dimulai dari Pos penjagaan masuk, yaitu dari Desa Moni, perjalanan tracking melalul jalan setapak melewati tempat pembibitan tanaman lokal/adat, menyusuri lantai hutan yang banyak seresah dengan hijaunya berbagai jenis vegetasi khas Kelimutu, kemudian menuruni tebing, melewati jalur sungai yang ditumbuhi berbagai macam jenis pakis, berpegangan pada dahan pohon untuk kembali naik tebing.

Setelah kurang Iebih tiga jam perjalanan, tidak terasa sampailah Anda di area parkir di atas. Rasa capek, sudah tentu Anda dapatkan, tapi pengalaman tersebut benar-benar terbayar dengan menikmati indahnya Gunung Kelimutu dari sisi yang berbeda. Asyik bukan? Jangan khawatir Anda dan pasangan akan tersesat, karena Anda dapat menyewa ranger (pendamping) di Pos Moni ataupun penduduk lokal yang selalu bersedia menemani.


AKOMODASI

Di Moni terdapat beberapa penginapan murah dengan harga berkisar Rp 40.000 sampai Rp 75.000 per malam. Anda dapat menginap di Sao Ria Wisata, Hidayah, Regal Jaya, Nusa Bunga dan Arwanti Homestay. Biasanya di setiap penginapan tidak menggunakan fasilitas AC karena udara di sini sudah cukup dingin.

Di sini terdapat pula akomodasi berupa Sao/rumah yang disewakan dengan harga berkisar Rp 75.000 — Rp300.000 untuk dua orang, harga tersebut tidak termasuk paket makanan, karena mereka biasanya tidak menyediakan makan.


OLEH-OLEH KHAS

Biasanya di tempat parkir, tepat di sisi Gunung Kelimutu ada penduduk yang menjual kain tenun khas daerah tersebut. Anda tentu tak akan melewatkan berbelanja kain yang eksotis ini, kan?


TIPS

  • Berangkatlah pagi hari menuju puncak Kelimutu, karena waktu terbaik menikmati Danau Kelimutu adalah antara sunrise sampal dengan pukul 10 pagi, setelah itu, pemandangan cantik di sini akan tertutup kabut.
  • Karena tak ada restoran ataupun warung makan di sekitar Kelimutu, sebaiknya Anda menyiapkan snack dan air mineral ketika akan mulai naik ke puncak.
  • Jika Anda tertarik untuk melakukan tracking dari Desa Moni, sebaiknya kenakan pakaian ringan dan tertutup, karena banyaknya binatang kec├Čl selama dalam perjalanan
  • Kenakan pelindung kepala untuk menghindari teriknya matahari di perjalanan, sunblock dan sunglasses harus siap sedia ditas Anda.