Banda Neira : Tempat Pariwisata Bulan Madu di Ambon

Kecantikan dan keindahan pulau-pulau di Indonesia timur memang sangat terkenal hingga mancanegara. Sebuah pulau yang terletak di bagian tenggara Pulau Ambon, yaitu Pulau Neira adalah salah satunya. Kekayaan alamnya yang melimpah —seperti: buah pala, cengkeh dan kayu manis— membuat para penjajah
mendatanginya, hal inilah yang menjadikan Banda Neira memiliki banyak situs sejarah yang layak untuk dikunjungi.

Pulau ini termasuk dalam Kepulauan Banda, dan kota satu-satunya yang terdapat di pulau ini adalah Banda Neira, untuk dapat mencapainya memang membutuhkan waktu cukup lama,hmm.. tapi Anda datang kesini tidak sendirian, kan? Jadi, selama dalam perjalanan, Anda dan pasangan bisa menikmati pemandangan indah yang terhampar luas di depan mata, dan jangan khawatir dengan perjalanan jauh tersebut, karena semua itu tak akan ada artinya saat Anda melihat keindahan pulaunya.

Menyusuri jalanan di Banda Neira, seolah membawa kita pada awal tahun 1900-an, suasananya sangat kalem dan tenang dengan jalanan kotanya yang relatif sempit dan sepi dari lalu lalang kendaraan roda empat. Sempitnya jalanan kota yang hanya memiliki lebar sekitar empat meter, ditambah teduhnya pepohonan besar dibeberapa bagian jalan, dan banyaknya rumah rumah kuno yang masih tegak berdiri di sekitarnya, telah berhasil membawa setiap orang yang mengunjunginya seakan kembali ke suasana kota kecil yang asri di awal abad XX, dan Anda bisa menikmati semuanya hanya dengan bersepeda disediakan di beberapa penginapan ataupun berjalan kaki. Ya, jalan kaki! Kota Banda ini sangat kecil, jadi Anda bisa mengelilinginya hanya dengan berjalan kaki.


TRANSPORTASI

Untuk mencapai pulau yang pernah juga didatangi oleh beberapa selebritis dunia tersebut bisa dilakukan dengan 3 cara,

yaitu:

1, Menggunakan jalur laut, Perjalanan menggunakan kapal laut akan memakan waktu sekitar 6 jam, dan yang perlu diingat adalah, biasanya jadwal kapal laut hanya ada dua minggu sekali. Untuk memastikan jadwal pemberangkatan, Anda bisa menanyakan ke Kantor Pelni Kantor Jakarta, yang beralamat di Jalan Gajah Mada No. 14 Jakarta. TeIp: (021) 6334 342 45, jadwat tersebut selalu di update.

2. Menggunakan pesawat perintis/carteran yang berangkat dari Bandara Pattimura - Ambon, hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja, akan tetapi pesawat ini pun hanya beroperasi seminggu sekali.

3. Menggunakan rute pelayaran tokat, yaitu dengan cara menyewa speedboat dari Ambon, Masohi atau dari Tulehu. Sebelum menggunakan jasa speedboat, sebaiknya Anda bernegosiasi terlebih dahulu dengan pemilik kapal di tempat penyeberangan, dan jika Anda berencana menempuh tewat jatur laut dan menggunakan kapal yang agak kecil, maka disarankan untuk berkunjung antara bulan April-Mei atau September-November, yakni pada saat laut tenang, jadi perjalanan Anda akan lebih menyenangkan.

Meskipun terlihat agak sulit untuk mencapainya, pulau ini rasanya wajib untuk dikunjungi bagi Anda dan pasangan yang berjiwa petualang dan ingin menghabiskan waktu bulan madu di hamparan alam yang masih virgin ini.


TUJUAN WISATA BULAN MADU (LAUT)

Sonegat



Merupakan tempat terdekat untuk menyelam, hanya sekitar lima menit jika ditempuh dengan perahu dari hotel sekitar, Pulau ini terletak di antara Banda Neira dan Gunung Api. Di pulau ini, Anda bisa turun menyelam diantara dinding curam dan memanjang 25 meter di gunung yang berbatu. Ada banyak ikan tuna berukuran besar di sini, juga beberapa ikan girdled biru dan angel fish.

Pulau Keraka


Pulau Keraka/Pulau Kepiting hanya berjarak beberapa menit dari pintu masuk utara Neira - Gunung Api. Hamparan pasir di pesisir utara pantai sangat cocok untuk sekedar menikmati sunset bersama pasangan terkasih. Pulau ini memiliki taman laut yang sangat menakjubkan, bagaimana tidak, di sebelah selatan, hanya sekitar 18 meter ke arah bawah, Anda akan menemukan dinding kecil ditutupi ratusan tunicates besar yang berwarna biru dan kuning, sedangkan di timur pantai, ada bermacam macam ikan karang dan barracuda yang panjangnya sekitar setengah meter. Hmm, sudah terbayang keindahan taman bawah lautnya, kan?

Pulau Hatta


Letaknya agak jauh, berjarak sekitar 25 km dan laut Banda Nema. Anda dapat melihat atol skaru —sebuah karang yang hampir tenggelam, terletak beberapa ratus meter dari titik selatan Pulau Hatta. Di antara koral-koral, Anda dapat menyaksikan berlalunya gerombolan ikan unicornfish, fusiliers, ikan jack, rainbow runners, whitetip sharks yang berukuran hampir 2 meter, napoleon wrasse, dan kura-kura sisik. Disinilah, surga ikan berkumpul untuk menemani Anda sepanjang penyelaman.


Pulau Sjahrir Batu Kapal



Pulau ini dulu dikenal sebagai pulau Pisang dan Batu Kapal, berjarak 20 menit dengan berperahu dari Banda Neira.

Pulau Lontar


Berada di tepi luar Pulau Lontar, merupakan bagian dari tepi kaldera cekung yang menawarkan beberapa situs menyelam yang sangat menakjubkan.

Batu Belanda

Di tempat ini, Anda akan menemukan banyak barel, tabung busa, gua-gua kecil, dan celah batu. Ikan di sini bervariasi, mulai dan snappers, ikan kaisar besar, ikan girdled angel fish biru, keling, ikan bersirip besar, sampai banner fish.

Pulau Ai


Pulau ini menawarkan tempat terbaik di Banda untuk menyelam. Pantai utara dan barat daya Pulau Ai dikelilingi tembok karang yang sempurna, penuh dengan gua-gua dan merupakan habitat dari harbors fish. “Surga Bawah Laut”, itulah sebutan yang banyak dikatakan oleh para penyelam, maka tak heran jika spot penyelaman di laut sekitar pulau Banda menjadi impian dan incaran banyak penyelam dari seluruh penjuru dunia. Bahkan, tanpa menyelam saja, mata kita sudah bisa menikmati keindahan karang-karang di bawah laut, ya, airnya yang jernih dan terang seperti kaca seakan berfungsi memamerkan keindahan di dalamnya.


TUJUAN WISATA BULAN MADU (DARAT)

Istana Mini



Merupakan tempat tinggal Gubernur Jendral VOC JP. Coen pada masa itu. Bentuk istana tersebut ternyata merupakan cikal bakal bentuk Istana Negara yang ada di Jakarta. Jika Anda perhatikan dan depan, Istana Mini ini akan tenlihat sama dengan bentuk Istana Negara dalam versi kecil.


Rumah Pengasingan Bung Hatta



Rumah ini masih dilengkapi peralatan yang dipakai Bung Hatta pada waktu itu, seperti: tempat tidur, mesin ketik, meja dan barang-barang lainnya. Jika dilihat dari luar, rumah ini tampak kecil, tetapi masuklah ke dalamnya, Anda bisa melihat bangunan seperti sebuah sekolah kecil dimana bung Hatta pernah mengajar anak-anak setempat.

Benteng Belgica



Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit berjalan kaki dari Rumah Pengasingan Bung Hatta. Bagian dari benteng yang harus dikunjungi adalah bagian paling atas yang merupakan tempat peletakan meriam, dan sampai sekarang, di sini masih terdapat meriam tua. Dari atas benteng, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah, sekeliling pulau bisa terlihat, termasuk gunung vulkanik di seberang pulau. Udara yang sejuk juga membuat Anda dan pasangan akan betah berlama-lama di atas benteng. Apalagi jika dinikmati menjelang senja. Sangat romantis dan unforgettable!

Selain berbagai obyek wisata tersebut, Banda Neira juga mempunyai warga yang sangat ramah terhadap wisatawan. Mereka menginginkan pulau tempat mereka tinggal dikunjungi lebih banyak wisatawan, bukan hanya wisatawan asing, tetapi juga dari Indonesia sendiri. Menurut mereka, selama ini lebih banyak wisatawan asing yang datang daripada wisatawan lokal. “Tolong ceritakan bagaimana keindahan pulau ini. Ajak teman-teman Anda kemari agar bisa melihat keindahan Pulau Banda,” kata salah seorang warga.


AKOMODASI

Hotel yang paling saya rekomendasikan adalah Hotel Maulana, meskipun merupakan bangunan lama, namun memiliki pemadangan paling indah di Pulau Banda. Dan pinggiran hotel yang langsung menghadap ke laut, Anda bisa menikmati ikan-ikan yang berenang dan bersembunyi di balik karang-karang. Selain itu, Anda juga bisa melihat gunung vulkanik dari dekat sambil melihat kapal berlalu-lalang di sini, ya, semua pemandangan itu bisa Anda nikmati dari Hotel Maulana.

Di hotel ini, Anda juga dapat menyewa semua keperluan diving, karena Hotel Maulana memiliki Dive Centre; diving courses, diving trips, discover scuba program, snorkeling trips dan juga paket kunjungan ke kebun pala serta pendakian gunung api. Lengkap sekali, bukan?

Hotel ini terletak di Jl. Pelabuhan Banda Neira. Ada sekitar 20 kamar dengan fasilitas AC namun tidak disediakan TV, saya yakin Anda juga tidak membutuhkan TV pada waktu-waktu special ini kan? So, waktu Anda bisa dihabiskan bersama pasangan, ya hanya Anda berdua dan keindahan alam Kepulauan Banda. 

Berikut adalah akomodasi yang ada di Pulau Banda:

Hotel Maulana
Jl Pelabuhan Banda Neira
Rate sekitar Rp350.000 — Rp600.000
Telp: 0911-21024

Mutiara Guesthouse
Rate sekitar Rp70.000 — Rp125.000
Telp: 0813 30343377

Vita Guesthouse
Telp: 0819 45090110


OLEH-OLEH KHAS

Makanan di Banda Neira cenderung kaya akan rempah, seperti: cengkeh, pala dan kayu manis. Bisa kita dapati pula minuman yang terkenal, yakni syrup dan selai/manisan buah pala yang konon bisa membuat wajah bersih dan berseri, wah... kalau yang ini pasti Anda ingin mencobanya, kan? Sedangkan oleh oleh khas yang bisa kita bawa pulang adalah kerajinan kerang, kapal dalam botol dan kerajinan bambu.


TIPS

  • Diving dimungkinkan sepanjang tahun, tetapi selama musim hujan (Juli — September), Anda dibatasi untuk memilih tempat menyelam. Siapkan uang tunai sebelum mengunjungi Banda, karena di sini tidak terdapat ATM. Simpan uang Anda di tempat yang aman, terutama saat berada di sekitar pelabuhan.
  • Telekomunikasi terbatas untuk provider Telkomsel dan XL saja.
  • Penyelam pemula dianjurkan lebih berhati-hati, karena arus laut bisa kuat di beberapa tempat. 
  • Diving biasanya nyarnan dengan jarak pandang sekitar 15- 30 meter dalam kondisi air yang tenang, namun beberapa tempat menyelam hanya cocok untuk penyelam yang berpengalaman. Mintalah saran/bimbingan untuk acara menyelam Anda. Kedalaman satu tempat menyelam berkisar antara 5 meter hingga lebih dan 40 meter dengan suhu 26 — 29C, jadi pastikan Anda memiliki kondisi tubuh yang fit.
  • Sewalah peralatan menyelam dan snorkeling dan perusahaan ternama untuk jaminan keamanan. Tanggung jawab untuk memeriksa peralatan tetap ada pada Anda.
  • Bawalah swim suit cantik Anda dan siapkan pakaian lebih banyak, karena mungkin Anda akan betah tinggal di pulau ini..


Nah, buat Anda dan pasangan pecinta keindahan alam yang masih virgin, saya yakin Anda akan sangat puas jika menghabiskan bulan madu di sini, ya, ini adalah tempat wajib yang harus Anda kunjungi untuk honeymoon.