Senggigi : Wisata di Lombok yang murah untuk Bulan Madu


Senggigi terletak sekitar 10 km dari kota Mataram. Cukup mudah untuk rnencapainya, pantai alam berpasir putih bersih ini sekarang banyak dikelilingi hotel, losmen dan bungalow. Keindahan pemandangan pantai senggigi seakan tak ada habisnya, terutama saat sunrise maupun sunset. Ya, sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan momen-momen romantis bersama pasangan. Di sini juga terkenal akan cinderamatanya, berupa mutiara budidaya air tawar yang berwarna-warni, hmm.. kalau yang ini saya yakin Anda tak mau melewatkannya.


TRANSPORTASI

Banyak masakapai penerbangan melayani rute ke Lombok, antara lain: Garuda Indonesia yang melayani penerbangan langsung menuju Lombok. Lion Air dan Batavia Air juga melayani penerbangan ke pulau ini, akan tetapi transit terlebih dahulu di Surabaya.

Jika Anda akan berangkat dari Denpasar - Bali, Anda dapat menuju Lombok dengan menggunakan Trans Nusa (Trigana Air), Transportasi Udara Indonesia dan Merpati. Sedangkan dari Denpasar-Bali ke Bandara Selaparang-Lombok ada banyak penerbangan.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan laut, di sini juga terdapat kapal ferry yang berangkat dari Padang Bai (Bali) dan Lembar (Lombok), beroperasi dua kali sehari. Perjalanan memakan waktu selama 4 jam. Anda juga dapat menggunakan Blue Water Safari (kapal cepat) dari Bali ke Lombok.

Selama berada di pulau ini, Anda dapat menyewa mobil maupun sepeda motor. Hotel dan agen perjalanan biasanya menawarkan penyewaan mobil dan sepeda motor dengan harga terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa menyewa kendaraan grup taksi Bluebird yang bisa mengantar Anda dan pasangan berkeliling Lombok. Ingin yang lebih unik dan berkesan? Nikmatilah perjalanan dengan mengendarai cidomo atau andong. Tak ada salahnya Anda mencoba alat transportasi lokal tersebut untuk berkeliling dan menikmati pemandangan sekitar. Suasana romantis dan santai pun akan semakin terasa.



Pantai Kuta

Terletak disebelah selatan Lombok. Pantai berpasir putih ini mempunyai pemandangan samudera yang luar biasa indah. Di sini. Anda juga bisa mengunjungi Kuta selama Nyale Fishing Festival tahunan, biasanya diadakan pada bulan Februari atau Maret. Lokasinya kurang lebih 56 km dari Mataram,

Teluk kecil tak berpenghuni dekat dengan pantai utara Senggigi

Pantai Batu Bolong

Anda bisa berselancar atau sekedar berjemur di sini. Pantai ini mengambil nama dari batu batu besar dengan lubang di tengahnya, selain itu, Anda juga bisa merasakan keindahan alam ketika matahari mulai tenggelam di gunung Agung - Bali.

Istana Air Meruya 

Di Mataram, terletak di ibukota Lombok.



Candi Lombok

Di belakang laman Air, terdapat Candi Lombok terbesar dan Pura Meru. Candi Lombok dibuat berabad-abad yang lalu, dan bangunan ini didedikasikan untuk Trimurti Hindu Brahma, Vhisnu, dan Shiva.

Pura Lingsar 

Pura Lingsar  yang unik, candi kombinasi antara Bali Hindu dan keyakinan Wektu Telu.



Desa Batu Kumbung

Desa Batu Kumbung, terletak di timur laut Mataram. Di desa tradisional ini Anda akan menemukan para wanita yang sedang mengayam kain tenun. Ingin membelinya sekedar untuk oleh-oleh? Kenapa tidak?

Pacuan kuda

Pacuan kuda di lapangan Salakalas. Perlombaan diadakan setiap hari Minggu. Sebelum perlombaan dimulai, biasanya para penduduk desa akan memijat kuda mereka dan terkadang memainkan musik gamelan untuk menenangkan kuda-kuda tersebut.



AKOMODASI HOTEL DI SENGGIGI ( SENGGIGI BEACH HOTEL )

Terdapat banyak pilihan akomodasi di Senggigi dari mulai dari hotel murah sampai dengan resort mewah, berikut diantaranya:

Holiday Resort Lombok
Resort yang terletak antara pegunungan tropis dan Pantai Pristine.
Telp: 0370 - 693 444. Fax: 0370 - 693 092

Hotel Vila Ombak
Gili Trawangan Island, Lombok
TeIp: 0370— 642336. Fax: 0370—642337

Alang-Alang Boutique Beach Resort
JI. Raya Mangsít Senggigi — Mataram, Lombok
TeIp: 0370— 693518. Fax: 0370 - 693194

Amanwana
Sumbawa Besar
Telp: 0371— 22233. Fax: 0371 —22288
Coconut Cottages
Gili Air, Pemenang Lombok Barat, NTB
TeIp: 0370—63536

Desa Dunia Beda
Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB
TeIp: 0370—641575. Fax. 0370 —641575

Graha Beach Senggigi Hotel
Jalan Raya Senggigí, Lombok Barat
TeIp: 0370- 69310. Fax: 0370 69340


WISATA KULINER

Beberapa tempat populer untuk berburu kuliner terletak di Senggigi. Anda bisa mencoba makanan khas yang bercita rasa pedas seperti: ayam taliwang, yaitu ayam bakar dengan sambal pedas dan dilengkapi dengan sayuran. Plecing kangkung, merupakan masakan kangkung yang dimasak dengan bumbu plecing. Selain itu. ada masakan khas Sasak seperti ikan air tawar dan sate yang juga sangat terkenal.


OLEH-OLEH KHAS

  • Lombok terkenal dengan mutiara, anyaman, keramik dan kain hasil anyaman seperti songket dan ikat, berikut beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi;
  • Festival Mutiara Tahunan Lombok — Sumbawa adalahwaktu yang tepat untuk berkunjung dan memilih beberapa mutiara yang indah.
  • Area lain yang terkenal untuk berbelanja barang-barang antik terletak di JI Yos Sudarso, dimana Anda akan melihat peti bambu tradisional sampai perhiasan dari tulang dan patung kayu.
  • Anda bisa dapatkan hasil kerajinan tangan di toko-toko di JI. Raya Senggigi, Mataram.
  • Untuk hasil tenunan Anda bisa jumpai di Rinjani atau belanja beberapa perabotan di Galeria Noa.
  • Jika Anda penyuka keramik, maka Desa Banyumulek sangat terkenal sebagai pusat kerajinan keramik dekat Mataram. Di sini Anda akan melihat pot-pot berukir indah dan juga termos air yang unik.


0 Comment "Senggigi : Wisata di Lombok yang murah untuk Bulan Madu"

Posting Komentar

Thank you for your comments