Derawan : Wisata Indah dan Romantis di Kalimantan


Jika Anda berencana berbulan madu ke Pulau Kalimantan, maka Derawan merupakan salah satu lokasi yang perlu Anda kunjungi. Pulau Derawan sendiri merupakan sebuah kepulauan indah yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebuah pulau dengan permukaan air laut berwarna gradasi biru dan hijau yang memukau, hamparan pasir nan lembut, barisan pohon kelapa di pesisir pantai, dengan hutan kecil di tengah-tengah pulau yang merupakan habitat dan bermacam jenis tumbuhan dan hewan serta keindahan alam bawah laut yang memesona. Tidak heran apabila pulau ini bisa menempati urutan ketiga teratas sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf dunia.

Kepulauan ini terdiri atas enam gugusan pulau besar yaitu Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Panjang dan Pulau Samama, selain itu, di sini juga banyak tersebar pulau-pulau kecil dan gugusan karang. Gugus Kepulauan Derawan hanyalah sebagian kecil dari ratusan pulau di pesisir timur Kalimantan Timur yang berjumlah 248 pulau, dan jumlah tersebut, lebih dan separohnya belum mempunyai nama, Anda tertarik untuk memberikan nama panggilan?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, baik untuk melakukan pengambilan gambar maupun eksplore diving, sebaiknya Anda dan pasangan pergi kesini pada musim kemarau, sekitar bulan Mei - September.


TRANSPORTASI

Kepulauan Derawan dapat ditempuh melalui 2 rute, yaitu:
  • Rute pertama : Balikpapan — Berau — Derawan
  • Rute kedua : Balikpapan — Samarinda — Tarakan — Tanjung Batu — Derawan


Keduanya bisa menggunakan angkutan darat maupun angkutan udara. Jika Anda dan pasangan berangkat dari Jakarta, Anda bisa mengambil penerbangan ke Bandara Sepinggan di ibukota Propinsi Kalimantan Timur, yaitu Balikpapan. Dari Balikpapan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Berau menggunakan pesawat udara kapasitas kecil yang menghabiskan waktu kurang ebih 1 jam perjalanan, penerbangan ini menggunakan armada dan jasa penenbangan KAL Star, Deraya DAS dan Batavia.

Sesampainya di Berau, Anda harus melanjutkan perjalanan melalui jalur darat, biasanya ada beberapa mobil yang mereka sebut taksi —mobil seperti Avanza, Xenia, Kijang, dll— dengan tarif berkisar Rp 400.000 sampai Rp 500.000 sekali jalan, taksi ini akan membawa Anda dan pasangan menuju Tanjung Batu, di sinilah Dermaga ke Kepulauan Derawan berada.

Dari Tanjung Batu, Anda tinggal melanjutkan penjalanan menuju Derawan Island. Untuk menuju ke pulau ini, ada beberapa speedboat dan perahu tradisional yang beroperasi di dermaga tersebut, jika Anda menggunakan speedboat, waktu tempuh kurang lebih 30 menit, sewanya sekitar Rp.300.000 per perahu sekali jalan. Sedangkan jika mengunakan perahu tradisional, akan memakan waktu sekitar 1 jam, sewanya sekitar Rp150.000 per perahu sekali jalan. Saat itulah Anda sudah bisa mulai menikmati keindahan pulau Derawan dan sekitarnya dari atas perahu, hamparan pasir putih di sepanjang garis pantai, berbagaikan yang berenang berjejeran dengan perahu Anda, bahkan rombongan penyu pun sering terlihat melintas di sekitar perahu yang Anda tumpangi, ya Anda bisa menikmatinya dengan mudah karena memang air lautnya sangat jernih. Menakjubkan, bukan?


TUJUAN WISATA BULAN MADU

Seluruh pantai di perairan Kepulauan Derawan memiliki pantai pasir putih yang indah, namun ada beberapa lokasi yang sering dikunjungi yakni:

Pulau Maratua

Disini terdapat sebuah resort cantik dan tempat diving yang sangat recommended, jaraknya sekitar 2 jam dan Tanjung Batu, tempat diving yang bagus terdapat di dekat Maratua ini.



Pulau Kakaban
Sebuah pulau eksotik karena di sini Anda bisa menemukan sebuah laguna yang telah berubah menjadi danau. Di sini Anda juga bisa melihat berbagai jenis coral dan ikan yang langka. Jaraknya sekitar 1 jam dan Maratua atau 180 menit dan Derawan. Suasana di sini sangat sepi, karena di pulau ini tidak ada penduduk yang meninggal.

Pulau Sanglaki

Pulau Sanglaki, terkenal sebagai pulau tempat penang—karan penyu. Ada penjaga di pulau ini, namun tak ada penduduk. Selain penyu, di perairan ini seringkali Nampak ikan pari.

Pulau Derawan

Pulau Derawan, di sini terdapat pemukiman penduduk, sekolah, puskesmas, warung makan dan beberapa penginapan .

Pulau Panjang

Pulau Panjang, terkenal sebagai tempat yang cukup banyak terumbu karangnya.


AKOMODASI HOTEL DI DERAWAN

Di Derawan banyak penginapan yang bisa dipilih, harganya pun sangat beragam, Anda dan pasangan tinggal memilih sesuai budget, dari mulai hotel melati seharga Rp50.000 per malam, Rp250.000 sampai dengan sebuah cottage yang bisa Anda sewa seharga Rpl.000.000 per malam. Penginapan penginapan tersebut benlokasi di pinggir laut, jadi sewaktu-waktu Anda dan pasangan bisa berenang sepuasnya ataupun sekedar menikmati udara di pinggir laut lepas, melihat burung-burung pantal mencani ikan sambil menanti terbenamnya matahari di ufuk barat.

Dari Derawan, jika Anda ingin pergi ke Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki dan Pulau Maratua, Anda tinggal pesan ke pemilik penginapan, biasanya mereka punya speedboat yang bias membawa Anda dan pasangan ke pulau-pulau tersebut. Biaya berkisar Rp500.000 sampai dengan Rpl.000.000 untuk paket penjalanan ke pulau-pulau tersebut.

Jika Anda ingin menikmati fasilitas resort mewah bertaraf international, Anda dapat menginap di Pulau Maratua, di sini terdapat resort mewah yang dimiliki warga Malaysia, dengan harga 45-75 euro per orang per malam, inilah satu-satunya resort mewah di Pulau Maratua.

Penginapan yang bisa menjadi alternatif Anda, adalah:

Derawan Indah Hotel
JI. Panglima batur No. 396 Tanjung Redeb, Berau
TeIp: 0554 — 24255
Rate mulai Rp250.000

Sederhana Hotel
JI. P. Antasari Tanjung Redeb, Berau
TeIp: 0554—21353


Derawan Lestari I
Pulau Derawan
TeIp: 0554—23723/23231


Derawan Lestari Il
Pulau Derawan
TeIp: 0554—23723


Cottage Derawan Beach
Rate antara Rp 750.000 sampai Rpl.000.000


WISATA KULINER

Di Pulau Derawan, makanan tidak termasuk dalam biaya penginapan, akan tetapi Anda bisa memesan makanan di tempat penginapan Anda sesuai dengan menu yang tersedia dengan harga kurang lebih Rp25.000 sekah makan.

Alternatif lain, di sini juga banyak terdapat warung makansederhana yang tersebar di sekitar pulau Derawan, Anda dan pasangan bisa merìcobanya sambil menikmati suasana asli Kepulauan Derawan, sedangkan di Pulau Maratua, biaya penginapan biasanya sudah termasuk biaya makan.


OLEH-OLEH KHAS

  • Aksesoris khas dan pulau ini, antara lain:
  • Gelang dan kulit penyu, harga sekitar Rp15.000 — Rp25.000 
  • Kerang yang sudah diolah dengan cantiknya menjadi berbagai hiasan, harga berkisar Rp75.000 sampai Rp150.000
  • Penyu yang sudah diawetkan, harganya sekitar Rp200.000



TIPS

Bawalah perlengkapan berenang, snorkeling ataupun diving. Tapi jika Anda tidak membawanya, Anda bias menyewa di sini, untuk alat menyelam disewakan di Pulau Derawan dan Pulau Maratua dengan harga antara Rp50.000 sampai Rpl00.000.

  • Bawa makanan kering atau snack, karena di kepulauan ini tidak semua pulau memiliki warung/toko yang menjual makanan kecil.
  • Bawa dry pack (untuk kamera, lensa, dan barang berharga yang tidak tahan air)
  • Gunakan sun block dan sun hat (topi ebar) untuk menghindari panas matahari.
  • Untuk menghindari dehidrasi perbanyak air minum (air putih/mineral)
  • Dan, jangan lupa bawa setelan baju renang Anda yang seksi itu, ya!