Panduan Wisata Keindahan Raja Ampat


Kabupaten Raja Ampat letaknya terpencil di Papua Barat. Kawasan yang menyimpan sejuta keindahan bawah laut ini dikenal sebagai salah satu dari 10 tempat wisata menyelam terbaik di dunia. Selain itu, di wilayah ini juga memiliki banyak karang yang alami dan tampak sangat indah, sebuah fenomena alam yang harus Anda kunjungi. Terdapat beragam flora dan fauna yang unik seperti cenderawasih botak, cenderawasih merah, kuskus, anggrek dan palem. Yup, saya yakin, sepulangnya dari Raja Ampat, Anda langsung berpikir “kapan bisa kembali lagi kesini, ya?”

Raja Ampat sendiri memiliki 4 pulau utama yang bergunung-gunung, yaitu: Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta serta ratusan pulau kecil disekitarnya yang dapat Anda jelajahi bersama pasangan.


TRANSPORTASI

Untuk mengunjungi kepulauan ini, Anda dapat menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta (atau dari kota lain) ke Sorong via Manado/Makassar. Jarak yang ditempuh kurang lebih 6 jam penerbangan. Beberapa maskapai yang mempunyai jadwal terbang dari Jakarta ke Sorong antara lain Merpati, Batavia, Lion dan Garuda Indonesia. Setelah sampai di Sorong, Anda harus menyusuri laut sejauh 71 km lagi untuk sampai di Raja Ampat.

Dari Sorong, ada dua jenis perahu yang bisa dipakai untuk mencapai Raja Ampat, yaitu speedboat (1 jam 40 menit, dapat mengangkut 15 penumpang dan harganya Rp2.000.000) dan perahu panjang (2 -  jam dan dapat mengangkut 10 penumpang, harganya Rp1.200.000). Oia. harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung musim Jika Anda dan pasangan ingin menjelajahi panta lebih  bebas Anda dapat menyewa perahu kecil.


TUJUAN WISATA BULAN MADU

Di bagan Barat dan Utara Waigeo, Anda bias menyaksikan pertunjukan suling bambu tradisional/suling tambur. Pertunjukan tradisional ini biasanya diselenggarakan selama festival keagamaan, pada hari kemerdekaan Indonesia, dan saat kunjungan pejabat atau pemimpin penting.

Di Tomolol, anda bisa melihat keindahan gua-gua, Anda juga akan menemuka  lukisan telapak tangan nanusia dan hewan yangg sangat besar, lukisan-lukisan tersebut adalah peninggaIan dari penghuni gua pada masa prasejarah, sedangkar di sebelah Utara Waigeo, Anda bisa kunjungi gua-gua dari masa Perang Dunia II. Di daerah Salawati terdapat air terjun yang terus mengalir sepanjang tahun, dan jika Anda beruntung, Anda dapat menyaksikar penduduk setempat yang sedang melakukan tarian perang.

Di bagian Timur Waigeo, tepatnya di depan desa Urbinasopen dan Yesner, terdapat sebuah fenomena alam unik dan sangat menarik untuk Anda saksikan bersama pasangan, setiap akhir tahun, di sini muncul sebuah sinar berasal dari laut yang mengitari permukaan laut, berlangsung sekitar 10-18 menit. Penduduk setempat menyebut fenomena ini sebagai hantu laut. Jika Anda ingin turut menyaksikannya, kenapa tidak akhir tahun ini Anda berangkat kesini?

Di Raja Ampat juga terdapat sebuah pulau yang sangat eksotik, yaitu Pulau Ayau yang terdiri dari pulau-pulau kecil di kepulauan karang yang sangat besar, mempunyai dasar laut berupa pasir putih dan pulau satu dengan yang lainnya saling terhubung.

Ada juga pulau pulau dengan pasir yang unik, masyarakat setempat menyebutnya zandplaat. Di pulau-pulau ini Anda dapat melihat ibu-ibu dan anak suku setempat menangkap cacing laut.

Waigeo Selatan. Tempat ini menjadi tujuan favorit penggemar diving. Anda bisa kunjungi Kabui Bay dengan banyak pulau karang, gua tengkorak, dan tempat bersejarah Kali Raja. Terdapat pula berbagai jenis burung di Desa Yenwaupnor dan Sawinggrai, tari Salay di Saonek, dan kerajinan anyaman di Arborek. Sedangkan di Sawandarek, ada pantai berpasir putih yang memiliki karang yang indah.

Anda juga dapat menyelam di sebelah Barat Waigeo, Batanta, dan Kofiau. Pulau karang di Kepulauan Wayag yang juga memiliki obyek alam yang sangat menarik.

Khusus untuk Anda yang tidak tertarik dengan aktivtas menyelam, hamparan laut biru yang membiaskan keindahan langit dan taburan pasir putih yang memancarkan kilaunya bagaikan mutiara, bisa dinikmatidi sini. Selain itu, masih ada gugusan pulau-pulau yang memesona dan flora serta fauna unik yang menanti untuk Anda kunjungi.


AKOMODASI

Meski di Raja Arnpat tidak begitu ramai, namun Anda bias temui beberapa hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor. Penginapan tersebut adalah:
  • Sondo Bay Resort yang terkenal dengan terumbu karangnya
  • Kri Eco Resort, resort tradisional yang dibangun di atas air
  • Boathouse atau rumah perahu


Alternatif lain, yaitu:

Hotel Royal Mamberamo
JI. Dr. Sam Ratulangi, No. 35. Sorong
TeIp: 0951— 325666. Fax: 0951— 325667

PT.Papua Diving
Jalan Gunung Semeru No 16, Kampung Baru, Sorong
TeIp: 0951— 328038. Fax: 0951— 325274


WISATA KULINER

Mulai dari menu internasional sampal makanan tradisional tersedia di sini, paket makanan biasanya disediakan oleh pihak penyelenggara tour/diving. Sllahkan mencicipi Sup lkan Kuning yang merupakan makanan khas pulau ini juga aneka macam hidangan lain yang banyak dijual dl warung-warung makan.

OLEH-OLEH KHAS

Saly, yaitu rok yang terbuat dari serat kulit kayu atau serat pohon pisang dan dikenakan oleh para wanita Dani dari Bailem.
Noken, tidak hanya sekedar sebuah tas bertail khas Papua, Noken juga merupakan simbol kehidupan yang baik. perdamaian, dan kesuburan. Terbuat dari kulit kayu yang dapat di beli seharga Rp25.000 hingga Rp50.000, sedangkan yang terbuat dari kulit kayu anggrek hutan lebih mahal, yaitu sekitar Rp100.000 per buah.
Pisau belati dari tulang burung Kasuari.
Mangkuk tradisional dengan ukiran tangan yang unik.

TIPS
Jika Anda ingin melakukan aktivitas menyelam, Anda harus membawa perlengkapan menyelam dan peralatan snorkeling sendiri, karena tidak tersedia tempat penyewaan di sini.