Pulau Belitung : Pantainya Eksotis Untuk Berbulan Madu


Belitung atau Belitong merupakan rangkaian Kepulauan Bangka Belitung yang mempunyai ibu kota provinsi Pangkal Pinang, terletak di Jepas pantai timur Sumatra. Belitung Island yang terkenal sebagai pulau timah ini memiliki pantai-pantai yang sangat indah dan alami dengan bebatuan granit serta pasir putih dan airnya yang jernih.

Pulau Belitung sendiri mempunyai dua kabupaten yang terdiri dari Kabupaten Belitung dengan ibukotanya Tanjung Pandan dan Kabupaten Belitung Timur dengan Manggar sebagai ibukotanya, dan dua-duanya memiliki banyak tempat wisata yang saya yakin, bisa membuat Anda dan pasangan semakin mesra.

Terlebih, jika Anda berdua memiliki hobby fotografi, tentulah tempat ini akan menjadikan koleksi foto Anda semakin kaya, karena di sini banyak sekali spot cantik yang akan sangat menawan jika ditangkap oleh kamera. KIik!


TRANSPORTASI

Kita bisa dapatkan jadwal penerbangan dan maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan Batavia Air yang hampir setiap hari terbang kesini dari terminal B Bandara Soekarno Hatta-Jakarta, dan hanya dibutuhkan waktu kurang Iebih 45 menit saja untuk sampai di bandara H. AS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan Belitung.

Harga tiket berkisar antara Rp450.000 — Rp750.000. Karena tidak ada taksi di Belitung, maka disarankan untuk menyewa mobil. Harga sewa jebuah Kijang sekitar Rp450.000, sudah termasuk pengemudi, namun belum termasuk bahan bakar. Untuk penyewaan mobil biasanya tersedia di hotel-hotel berbintang di Tanjung Pandan.

Alternatif lain untuk mengunjungi Belitung yaitu dengan menggunakan kapal penumpang PELNI atau KM Tristar. Dari Jakarta, dibutuhkan waktu sekitar 24 jam sampai di Belitung dengan biaya kurang lebih Rp150.000, sayangnya, biasanya kapal ini hanya mempunyai jadwal tiap dua minggu sekali.

Jika Anda ingin berangkat dari Pulau Bangka, selain dengan menggunakan pesawat terbang, Anda juga bias menggunakan KM Bahari Express, dengan harga Rp170.000 dan waktu perjalanan sekitar 4 jam, kapal tersebut nantinya akan mengantarkan Anda menuju pelabuhan Tanjung Pandan. Jadwal kapal ini adalah:
  • Berangkat dan Pelabuhan Pangkal Balam (Bangka) pukul 14.00
  • Dari Pelabuhan Tanjung Pandan (Belitung) pukul 07.00





Kabupaten Belitung

Belitung mempunyai sejumlah pantal yang sangat eksotis dan alami, antara lain: Pantai Tanjung Pendam (berada di kota Tanjung Pandan), Pantal Tanjung Kelayang (sekitar 27 km dari pusat kota Tanjung Pandan) dan Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Tinggi mempunyai pasir putih, dan sangat unik karena terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar dikedua semenanjung. Ukuran granit mulaidari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik, lebih besar dari sebuah rumah. Saya yakin Anda dan pasangan tidak sabar untuk naik, berjalan dan melompat diantara granit untuk menikmati pemandangan eksklusif dari setiap sudut. Jika Anda pernah menonton film Laskar Pelangi, di pantai Tanjung Tinggi inilah mereka mengambil banyak gambar sebagai tempat shooting-nya.

Tempat lain yang harus dikunjungi adalah Pulau Lengkuas yang bisa dijangkau dengan kapal kecil/boot yang bisa disewa dengan tarif kurang Iebih Rp350.000, Di sini Anda dapat melihat menara mercusuar dengan suasana yang romantis.

Pulau lainnya adalah Pulau Babi, Pulau Burung dan Pulau Layang, pulau-pulau tersebut merupakan pilihan tepat bagi Anda yang suka snorkeling.

Kabupaten Belitung Timur

Anda bisa mengunjungi Manggar yang berjarak sekitar 100 km dari Tanjung Pandan, ditempuh sekitar satu jam penjalanan darat. Di sini Anda bisa menghabiskan waktu ke tempat-tempat wisata, seperti: Pantai Burung Mandi, Vihara Kwan Im San, Bendungan peninggalan Belanda Pi Ce, atau Anda ingin melihat tempat shooting film Laskar Pelangi (lagi)? Ya, di sini terdapat Sekolah yang mereka sebut  SDMuh, terletak di Kecamatan Gantung.


WISATA KULINER

Untuk pasangan bulan madu yang ingin mencoba makanan setempat bisa ditemui beberapa rumah makan atau restoran yang saya rekomendasikan, memang beberapa rumah makan terlihat sederhana tapi rasa makanannya sangat sulit untuk tak dicoba, silahkan mampir ke:

  • RM Manlie, menyediakan bakmi khas Beitung, perpaduan mie, tahu, timun, tauge, bakwan goreng, emping dan kuah agak kental.
  • RM Pribumi yang berlokasi di Jl. MT Haryono Tanjung Pandan — Belitung, menyajikan masakan rumahan dengan salah satu menu andalannya adalah kepiting isi khas Belitung
  • Di Belitung Timur, mampirlah ke Rumah Makan VEGA yang menyajikan makanan seafood khas Belitung, seperti: gangan ikan kakap merah, tenggiri goreng, ilak dan sop kuning
  • Untuk pasangan pencinta kopi, sebaiknya tak melewatkan jejeran warung kopi yang jumlahnya ratusan, tersebar di sepanjang Manggar yang memang terkenal dengan julukan “kota seribu warung kopi”.


TIPS

Di sepanjang pantai-pantai Belitung, banyak terdapat restorant-restorant yang menyediakan masakan seafood, kebanyakan memiliki rasa dan menu yana sama, pilihlah restorant yang memiliki pengunjung paling banyak, karena biasanya disitulah tempat makan yang Iebih enak.