Danau Toba : Panduan ke Tempat Wisata di Medan


Anda ingin bersantai dan menghabiskan waktu bersama pasangan sambil menikmati matahari terbenam di pinggiran danau? Segera rencanakan bulan madu Anda ke danau Toba yang terletak di Parapat Medan. Danau yang sudah terkenal sampai  manca negara ini berjarak kurang lebih 176 km dari Medan dan dapat dijangkau sekitar 4 - 5 jam dengan kendaraan. Di tengah Danau Toba sendiri terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir dan di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang bernama Danau Sidihoni dan Danu Aek Natonang.

TRANSPORTASI

Anda bisa tempuh perjalanan dan Medan dengan menggunakan kendaraan pribadi, jalanan yang relatif mudah mengasyikkan, apalagi dengan pasangan terkasih yang selalu setia disamping Anda. Bila Anda menggunakan bus, maka ada dua rute bus yaitu Medan - Parapat atau melalui Medan - Brastagi, ongkosnya sekitar Rp30.000. Selain itu, Anda juga bisa naik taksi ber-AC dan Medan ke Parapat.

Bila Anda ingin meneruskan perjalanan ke Samosir, maka Anda dapat menaiki kapal ferry menuju pulau tersebut. Kapal ferry beroperasi setiap 160 menit sekali dan pukul 9 pagi sampai 5 sore. Dua tempat pendaratan di Samosir adalah desa tradisional Tomok dan Tuk Tuk, keduanya merupakan pusat hotel dan restoran yang terdapat di pulau tersebut.

  • Parapat, ada banyak fasilitas untuk berenang, bermain ski air, mengendarai motor boat, menaiki kano, memancing dan bermain golf.
  • Bukit Sungai Naborsahon, dimana Anda bisa melihat dan menikmati indahnya bunga bougenvil, pointetties, honey suckle yang berbunga sepanjang tahun.
  • Samosir, Anda dapat berjalan-jalanlah ke pedalaman dan menjelajahi dua danau yang lebih kecil yaitu Danau Sididhoni dan Aek Natonang.
  • Desa Tomok, merupakan desa tradisional di Pulau Samosir. Anda dan pasangan dapat mengetahui lebih jauh sejarah dan adat istiadat setempat dengan mengunjungi komplek pemakaman Raja Sidabutar. Di sini juga terdapat sketsa batu yang unik.
  •  Desa tradisional Jangga, desa ini berjarak sekitar 24 km dan Parapat, merupakan penghasil kain ulos yang sudah terkenal sampai mancanegara.
  • Wisma Soekarno, sebuah bangunan megah yang terletak di tepi Danau Toba, rnerupakan tempat pengasingan presiden Seokarno.


AKOMODASI HOTEL DANAU TOBA MEDAN

Parapat merupakan daerah tujuan wisata yang sudah terkenal sampai mancanegara, maka tak heran jika di sini banyak ditemukan hotel, bungalow, villa dan juga guesthouse. Sementara di Samosir, hotel-hotel dan tempat penginapan lainnya banyak terdapat di desa Tuk Tuk, karena desa ini adalah tempat yang strategis untuk menjelajahi pulau sekitar dan memiliki fasilitas yang lengkap

Bagus Bay Home Stay, Bar & Restorant
Tuk-Tuk, Pulau Samosir
Telp: 0625 — 451287. Fax: 0625 —451287

Inna Parapat
JI. Marihat No. 1, Danau Toba, Parapat
Telp: 0625 — 41012. Fax: 0625 —41019

Niagara Hotel Parapat
JI. Pembangunan No. 1, Parapat
Telp: 0625 — 41028

Patra Parapat Lake Resort
JI. Pertamina Siuhan, Danau Toba, Parapat
Telp: 0625 — 41196. Fax: 0625 —41536

Samosir Cottages
Tuk-tuk, Samosir
Telp: 0625 — 41050


OLEH-OLEH KHAS

Di Parapat, Anda dapat membeli oleh-oleh beraneka ragam seperti: t-shirt, gantungan kunci, cinderamata khas Batak, kalender Batak kuno dengan tulisan Batak, serta gitar Batak yang terbuat dan kayu. Jika Anda ingin membeii oleh-oleh yang lebih unik/antik, Anda bisa mencari di daerah Samosir. Kunjungi juga desa Jangga, dimana Anda dapat membeli kain ulos yang terkenal karena motif dan tenunannya yang sangat halus, ditenun menggunakan benang berwarna emas atau perak dengar warna-warna yang sangat khas, yaitu: merah, hitam dan putih, Anda bahkan dapat mehhat secara langsung cara menenun kain ulos tersebut.

TIPS

• Bawalah jaket atau baju hangat karena udara di sini cukup dingin.

• Jika Anda menggunakan kendaraan umum, pilihlah bus besar sebab perjalanan menuju Danau Toba cukup panjang dan berliku.