Karimunjawa : Wisata dan Bulan Madu Murah

Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang indah, terdiri atas 27 pulau yang semua pantainya berpasir putih dan airnya sangat bening sehingga Anda bisa melihat dasar laut dengan jelas, bahkan ada pepatah mengatakan “membuang jarum di perairan Karimunjawa ini akan mudah menemukanya”.

Kepulauan ini berada di bawah Pemerintahan Kabupaten Jepara. Panorama alam yang masih alami, udara yang bersih dan suasana yang tenang, menjadikan Karimunjawa adalah surga bagi pasangan honeymoon. Anda dan pasangan dapat melakukan berbagai kegiatan di dalam jernihnya air; dan mulai berenang,nsnorkeling, benjemur, memancing, sampal diving, bagi Anda yang tidak dapat berenang dan menyelam, tersedia kapal yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawahnya (glass bottom boot) untuk menyaksikan keindahan bawah laut Karimunjawa, dengan kapal tersebutlah Anda dan pasangan dapat mengelilingi kepulauan Karimunjawa sambil menikmati pesona alam yang tiada lelah untuk diceritakan. It sounds nice, right?

Tidak hanya itu, keindahan terumbu karang serta ikan berwarna-warni di dalam laut, yang mempunyai jenis terbanyak, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda dan pasangan untuk bermain-main di dalam air, bagi Anda maupun pasangan yang hobi memancing, Anda juga bisa melakukannya di beberapa pulau di Karimunjawa.


TRANSPORTASI

Karimunjawa dapat ditempuh dengan berbagai cara yaitu menggunakan jalur udara dan jalur laut, jika Anda menggunakan transportasi aut, Anda dapat menggunakan kapal Kartini I (kapal cepat) yang berangkat dan Pelabuhan Tanjung Mas-Semarang setiap Sabtu pukul 09.00 WIB ke Karimunjawa dan kembali ke Semarang setiap Minggu pukul 14.00 WIB. Lama penyeberangan sekitar 2 — 3 jam dengan tarif Rp108,000 untuk kelas bisnis, dan Rp128.000 untuk kelas eksekutif.

Jika Anda berangkat dan Pelabuhan Kartini-Jepara, Anda bisa menggunakan Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali, lama penyebrangan ini kurang lebih 6 jam pelayaran dengan tarif Rp 61.000 untuk kelas VIP dan Rp 30.500 untuk kelas Ekonomi. Dengan jadwal, sebagal berikut:

  • Dari Jepara : Senin, Rabu dan Sabtu Berangkat jam 09.00 WIB
  • Dari Karimunjawa : Selasa, Kamis dan Minggu Berangkat jam 08.00 WIB

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka dan Pelabuhan Kartini-Jepara, Anda juga bisa membawa kendaraan tersebut diseberangkan ke Karimunjawa. Untuk informasi Iebih Ianjut, silahkan menghubungi alamat berikut:

KMC Kartini

Dinas Perhubungan & Telekomunikasi Prop. Jawa Tengah
JI. Pamularsih No.28, Semarang
TeIp: 024— 7602952. Fa(: 024—7622536

KMP Muria
PT ASDP Cabang Jepara
JI. Kolonel Sugiono No.290, Jepara
TeIp: 0291—591048

Transportasi lainnya yang bisa Anda gunakan adalah meIalui jalur udara yang dapat ditempuh dan Bandara Ahmad Yani-Semarang menuju Bandara Dewa Daru di Pulau Kemujan Karimumjawa dengan menggunakan pesawat sewa jenis CASSA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort), perjalanan ni menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit dengan tarif —jangan kaget ya!— US$ 1.375 per jam dan minimal sewa 2 jam. Oia, pesawat ini mempunyai kapasitas untuk 6 orang.

Di lokasi wisata ini juga tersedia sarana transportasi antar pulau, yang akan mengantarkan Anda dan pasangan berkeliling menikmati keindahan gugusan pulau yang ada di Karimunjawa. Sarana transportasi tersebut merupakan bagian dari perjalanan wisata yang menggunakan perahu motor sewaan. Tarif yang berlaku berkisar antara Rp300.000 sampai dengan Rp 600.000, tergantung jarak tempuh dan lama pemakaian.

Anda dapat menawar sebelumnya. Yang pasti, dengan menumpang perahu tersebut, Anda berdua dapat menikmati seluruh keindahan laut Karimunjawa, melihat gugusan pulau, mengintip keindahan bawah laut karena air yang begitu jernihnya, sampai dengan melihat ikan warna-warni yang berseliweran di
samping Anda, hmm.. sangat indah dan worth it untuk Anda nikmati


TUJUAN WISATA BULAN MADU

Pulau Menjangan Kecil

Selain pantai pasir putih yang sangat indah, pulau ini juga memiliki dasar Iaut yang memanjakan mata Anda, cocok untuk snorkeling ataupun hanya berlayar mengelilinginya sambil menikmati ikan-ikan kecil yang berwarna-warni menemani Anda dan pasangan. Hmm...So romantic,right?


Pulau Menjangan Besar

Di pulau Menjangan Besar ini terdapat penangkaran ikan hiu, bahkan Anda dan pasangan bisa berenang bersama ikan-ikan hiu tersebut tanpa rasa takut, ya, karena ikan hiu di sini sudah jinak. Selain itu, di Pulau Menjangan Besar juga terdapat area yang memiliki fasilitas akuarium air laut, mata Anda akan dimanjakan dengan aneka flora dan fauna laut yang ada di dasar kepulauan Karimunjawa.

Akuarium air aut ini cocok untuk Anda kunjungi jika Anda maupun pasangan tidak sempat diving. Pulau Cemara Kedil dan Pulau Cemara Besar Sesuai dengan namanya, di kedua pulau ini terdapat banyak pohon cemara terhampar sepanjang pulau, hal unik lainnya adalah, adanya daratan pantai dengan pasir putihnya yang menjorok ke Taut.

Pulau Tanjung Gelam

Merupakan sebuah tanjung atau daratan yang menjorok ke laut, tanjung ini sebetulnya menjadi satu dengan pulau Karimunjawa, tapi kelihatan seperti pulau tersendiri, tanjung indar dengan hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan, berpadu dengan deretan pohon kelapa yang melambai seakan meminta Anda dan pasangan untuk mendekatinya.




AKOMODASI HOTEL DI KARIMUNJAWA

Di kawasan kepulauan Karimunjawa tersedia beragam jenis penginapan yang cukup memadai, mulai dan pondok tinggal, wisma, pondok apung, sampai hotel. Sarana akomodas ini tersebar di pulau Karimunjawa, pulau Menjangan Besar, pulau Tengah, dan pulau Menyawakan.

Hotel Karimunjawa Inn
Fasilitas: AC, kipasangin, bungalow, parabola, restoran
TeIp: 0297—312253

Kura-kura Resort
Fasilitas: Alat selarn, jetskì
Telp: 0291 — 595931 / 595932

Nirwana Resort
TeIp: 0297— 312151

WismaWisata
Telp.0297 —312118
Fasilitas: AC, peralatan menyelam, snorkeling, kapal kaca

Menjangan Besar
Fasilitas: Akuarium iaut
TeIp: 0813-2529-3625

Jaya Karimun (Wisma Apung)
TeIp: 0297—312185

Hotel Melati TK I
TeIp: 0297—312253


OLEH-OLEH KHAS

Karimunjawa memiliki bermacam barang kerajinan yang terbuat dari kayu-kayu langka, seperti kayu setigi, kayu Dewadaru, dan kayu Kalimasada, ya mungkin jenis-jenis kayu tersebut kurang familiar ditelinga Anda, tapi trust me, kerajinan dan olahan kayu ini sangat pantas untuk jadi pajangan di salah satu sudut rumah Anda, Hasil basil kerajinan lainnya berupa tongkat, tasbih dan juga keris. Hmm, kali ini, giliran pasangan Anda yang menyukainya. Yup, yang jelas, Anda dan pasangan bias menghabiskan waktu untuk wisata belanja sebelum meninggalkan pulau cantik ini.

Untuk kerajinan kayu, ada beberapa lokasi pusat kerajinan kayu yang bisa menjadi alternatif Anda membeli oleh oleh, yaitu:

  • Pusat Kerajinan Al Badri, desa Legon Cikmas
  • Labiki, jalan KapLiran, pulau Karimunjawa.

Selain hasil kerajinan, di kepulauan ini juga bisa kita dapati barang-barang hasil industri rumah tangga seperti kaos, topi, ikan teri, minyak kelapa, ikan asin, jenang dan makanan olahan dan rumput laut,


TIPS

Bila Anda ingin menikmati honeymoon di Karimunjawa, datanglah pada bulan Maret — Oktober, pada saat itu cuaca sedang bersahabat sehingga Anda dan pasangan dapat leluasa menjelajah dan menikmati kepulauan Karimunjawa

• Bawalah uang cash karena di Kepulauan Karimunjawa tidak ada bank dan ATM



0 Comment "Karimunjawa : Wisata dan Bulan Madu Murah"

Posting Komentar

Thank you for your comments